Indeks Kepercayaan Konsumen University Michigan

Sebuah survei bulanan kepercayaan konsumen yang dilakukan oleh University of Michigan untuk mengetahui kepercayaan konsumen.

Dengan demikian, keinginan konsumen untuk mengeluarkan uang diukur. Ini merupakan indikator utama dari iklim konsumen.

Ini terdiri dari dua komponen, indeks sentimen (sekitar 40% dari indeks total) dan indeks ekspektasi (60% lainnya). Sekitar 500 konsumen menjawab 5 pertanyaan tentang situasi ekonomi saat ini dan masa depan (2 dan 3 pertanyaan secara bersamaan).

 Jawaban atas dua pertanyaan pertama membentuk survei kondisi saat ini, sedangkan tiga pertanyaan terakhir membentuk indeks ekspektasi. Peningkatan dalam indeks menandakan perspektif positif pada pertumbuhan ekonomi, sedangkan penurunan menandakan kemungkinan perlambatan dalam pertumbuhan. Peningkatan indeks memicu kenaikan USD.

Advertisements
This entry was posted in INDICATOR EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s